Jumat, 22 April 2016

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Perkembangan Islam pada Periode Klasik (Zaman Keemasan) Tahun 650 M - 1250 M





KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

TEMA : PERKEMBANGAN ISLAM PADA PRIODE KLASIK
(ZAMAN KEEMASAN) TAHUN 650 M - 1250 M

Nama Sekolah                    :   _______________________________

Kelas / Semester                 :   _______________________________

Nama Guru                        :   _______________________________

NIP / NIK                           :   _______________________________




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :   Madrasah  Aliyah  
Mata Pelajaran       :   SKI
Kelas / Semester      :   XII /1
Materi Pokok          :   Perkembangan Islam pada Periode Klasik (Zaman Keemasan) Tahun 650 M - 1250 M
Alokasi Waktu        :   20  Menit

A.      Kompetensi Inti
KI1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
1.1     Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.
3.1     Menjelaskan  perkembangan Islam pada periode klasik
3.2         Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik.
3.3         Mengambil ibrah dari perkembangan Islam pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
3.4         Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik
Indikator
1.    Menjelaskan bentuk-bentuk pemerintahan Bani Umayyah
2.    Menunjukkan contoh-contoh kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains
3.    Mengidentifikasi para filosof dan ilmuwan terkenal pada masa Daulah abbasiyah
4.    Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kemajuan-kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains.
5.    Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil  dari keruntuhan Daulah Umayyah
6.    Menunjukkan contoh sikap/sifat yang perlu diteladani dari para filosof terkenal pada masa Daulah Umayyah dan Abbasyah
7.    Meneladani ketekunan para filosof  pada masa Daulah  Umayyah dan Abbasiyah
8.    Meneladani  ketekunan para ilmuwan  pada masa Daulah Umayyah dan Abbasiyah
Lihat
KI dan KD
Di LKS
 


C.      Tujuan Pembelajaran
Lihat
KI dan KD
Di LKS
Peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menjelaskan  perkembangan Islam pada periode klasik
2.      Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik.
3.      Mengambil ibrah dari perkembangan Islam pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
4.      Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik

D.      Materi Pembelajaran
Perkembangan Islam Priode Klasik (Zaman Keemasan) Tahun 650 M - 1250 M
·         Perkembangan Islam Periode Klasik
·         Tokoh-Tokoh yang Berprestasi dalam Perkembangan Islam Periode Klasik
-       Tokoh yang berperan dalam perkembangan Ilmu pengetahuan  pada masa Umayyah
-       Tokoh yang Berperan dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan  pada Masa Abbasiyah
·      Mengambil Ibrah dari Peristiwa Masa Daulah Umayyah dan Bani Abbasiyah
-   Ibrah dari Masa Daulah Umayyah
-   Ibrah dari Daulah Abbasiyah
·      Meneladani Tokoh-Tokoh yang Berprestasi pada Periode Klasik

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan   :    Saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar da mengkomonikasikan). 
Metode         :    1.  Ceramah
2.    Tanya Jawab
3.    Diskusi
4.    Penugasan
Strategi         :  Numbered head Together (NHT)

F.       Media dan Sumber Pembelajaran
a.      Media          
a.    Laptop, CPU
b.    LCD Projector
c.    Gambar/Foto/ karton
b.      Sumber Belajar
a.  Buku Ajar Fokus Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII Kurikulum 2013
b. Buku paket
·    Yusran Asmuni, Dirasah Islamiyah II pengantar studi sejarah kebudayaan Ismam dan pemikiran, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1998.
·    Hadi Nur, .Ayo Mengkaji Sejarah Kebudayaan Islam., Semarang:Erlangga, 2012.
·    Musyrifah Sunanto, Sejarah Islam Klasik, Jakarta: Prendada Media, 2004.

c.  Al-Quran dan terjemahannya
d. Referensi lain yang relevan
e.  Internet (jika tersedia)

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
  Guru mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama/membaca basmalah.
  Guru mengajak siswa melakukan tadarus bersama selama 1 menit.
  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  Guru memotivasi peserta didik dengan  menayangkan video motivasi.
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Perkembangan Islam pada Priode Klasik”.
  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
  Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat dengan media berbasis ICT.
  Guru membagi peserta didik dalam  beberapa kelompok (3-4 kelompok besar)
6 menit
Inti
·         Mengamati:
·      Peserta didik mengamati dan menyimak materi melalui media LCD Proyektor
·      Guru meminta peserta didik mengamati materi tentang perkembangan Islam priode klasik.
b.     Menanya:
·      Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan
 Eksplorasi:
·      Menggali informasi tentang perkembangan Islam priode klasik bersama masing-masing kelompok.
d.      Mengasosiasi:
·      Merumuskan hasil pemahaman setiap individu peserta didik dengan mendiskusikannya sesuai dengan kelompok yang telah dibuat.
Mengkomunikasikan:
·      Memaparkan hasil rumusan dalam diskusi kelompok belajar secara bergantian di depan kelas sesuai dengan nomor yang ditunjuk.
·      kelompok lain nya menyimak dan menanggapi kelompok yang sedang persentasi.
10 Menit
Penutup
  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  Melakukan penilaian hasil belajar
  Merencanakan kegiatan tindak lanjut
  Pembelajaran ditutup dengan membaca hamdalah dan doa penutup majelis serta salam
4 menit

H.      Penilaian
No.
Kompetensi
Teknik
Instrumen
Keterangan
1.
KI 1 dan KI 2
Observasi
·            Lembar observasi
Terlampir
2.
KI 3
Tes tertulis
·            Pilihan ganda
·            Uraian
·            Tugas (mandiri atau kelompok)
Terlampir
3.
KI 4
Kinerja
·            Lembar  laporan tugas
Terlampir


Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.      Petunjuk Umum
1.    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indra, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMP/MTs, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya,
2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.       Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = Selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = Sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukannya.
2 =Kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukannya.
1 = Tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.























Lembar Observasi
Kelas                               : ….
Semester                          : ….
TahunAjaran                    : ….
Periode Pengamatan        : Tanggal s.d. ….
No
Aspek Pengamatan
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5
Melaksanakan ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuai dengan agama yang dianutnya.
Jumlah Skor

Lembar Observasi

No.
Nama Peserta Didik
Aspek Pengamatan
Jumlah
Rerata Skor
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
1










2










3










4










5










Dst.















Guru Mata Pelajaran



______________________
NIP.
Penilaian KI 2

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A.      Petunjuk Umum
1.    Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.  Sikap sosial yang dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA meliputi:
a.       jujur
b.      kreatif
c.       disiplin
d.      tanggung jawab
e.       toleransi
f.       gotong royong
g.      santun
h.      responsif
i.        proaktif
2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.       Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = Selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = Sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukannya.
2 = Kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukannya.
1 = Tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.















Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial sebagai berikut.
Tabel Daftar Deskripsi Indikator

Sikap dan Pengertian
Contoh Indikator
ü  Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
ü Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
ü Mengungkapkan perasaan apa adanya
ü Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
ü Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya
ü Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

1.     Jujur
Adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
2.    Kreatif
Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya.
ü Menghasilkan ide/karya inovatif yang dipublikasikan/dipasarkan.
ü Menghasilkan ide/karya inovatif untuk kalangan sendiri/ skala kecil.
ü Memodifikasi dan menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru.
ü Mencoba membuat ide/karya dari contoh yang sudah ada.
3.    Disiplin
Adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
ü Datang tepat waktu
ü Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
ü Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan
ü Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar

4.    Tanggungjawab
Adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
ü Melaksanakan tugas individu dengan baik
ü Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
ü Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
ü Mengembalikan barang yang dipinjam
ü Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
ü Menepati janji
ü Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri
ü Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
5.    Toleransi
Adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
ü Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
ü Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
ü Dapat menerima kekurangan orang lain
ü Dapat mememaafkan kesalahan orang lain
ü Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
ü Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain
ü Kesediaan untuk belajar dari  (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik
ü Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru
6.    Gotong royong
Adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.
ü  Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
ü Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
ü Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan
ü Aktif dalam kerja kelompok
ü Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok
ü Tidak mendahulukan kepentingan pribadi
ü Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain
ü Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama
7.    Santun
Adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain.
ü Menghormati orang yang lebih tua.
ü Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.
ü Tidak meludah di sembarang tempat.
ü Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
ü Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
ü Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
ü Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan.
8.    Responsif
Adalah kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya
ü Tanggap terhadap kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan
ü  Berperan aktif terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial
ü  Bergerak cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan
ü  Berfikir lebih maju terhadap segala hal

9.     Pro aktif
Adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya.
ü Berinisiatif dalam bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau sosial.
ü  Mampu memanfaatkan peluang yang ada.
ü  Memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang.
ü  Fokus pada hal-hal yang memungkinkan untuk diubah atau diperbaiki.











C.      Lembar Observasi
Kelas                               : ….
Semester                          : ….
TahunAjaran                    : ….
Periode Pengamatan        : Tanggal s.d. ….
           
No
Nama Peserta Didik
Sikap
Jumlah
Rerata Skor
Nilai
Keterangan
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Toleransi
Gotong Royong
Santun
Percaya  diri
1












2












3












4












5












6












7












8












9












10












Dst






















Guru Mata Pelajaran



_________________
NIP.
Penilaian KI 3

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas dan tepat! Kerjakan sendiri dan yakinlah dengan kemampuan Anda!

1.        Bangaimanakah perkembangan Islam pada masa Daulah Umayyah?
2.        Sebutkan pembagian periode pemerintahan daulah Abbasiyah!
3.        Sebutkan contoh-contoh kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains!
4.        Jelaskan tentang para filosof dan ilmuwan terkenal pada masa Daulah Abbasiyah!
5.        Ceritakan kemajuan-kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains!
6.        Ceritakan apakah penyebab keruntuhan Daulah Umayyah!
7.        Sebutkan tokoh-tkah yang berprestasi pada daulah Abbasiyah!
8.        Jelaskan ketekunan para ilmuwan pada masa Daulah Uamyyah dan Abbasiyah!
9.        Sebutkan contoh sikap/sifat yang perlu diteladani dari para filosof terkenal pada masa Daulah Umayyah dan Abbasiyah!
10.    Sebutkan ibrah yang dapat dipetik pada masa pemerintahan daulah umayyah!

Penilaian KI 4
Penilaian Kinerja

Diskusikan bersama kelompok Anda ibrah dari perkembangan Islam pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang! Presentasikan hasilnya di depan kelas!







                                                                                              


Tidak ada komentar:

Posting Komentar